Diary Calon Guru Penggerak #2

 Orientasi Materi

Kegiatan Lokakarya 0 hari kedua adalah  Orientasi Komprehensif Materi dan Ekosistem Belajar Pendidikan Guru Penggerak (PGP) yang terdiri dari: 

  • Harapan dan Kekhawatiran
  • Perjalanan Calon Guru Penggerak (CGP)
  • Komitmen Bersama
  • Refleksi Bersama
Kegiatan hari ini melibatkan para CGP, Kepala Sekolah (KS) dan Pengajar Praktik (PP). Mengingat masih dalam kondisi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kegiatan masih dilaksanakan secara daring menggunakan google meet.

Orientasi Komprehensif Materi

Kegiatan ini dipandu oleh PP dalam bentuk pemaparan komprehensif materi yang akan dilakukan selama PGP. Dalam kegiatan ini, PP menjelaskan rangkaian kegiatan (agenda) dan hal apa saja yang harus dilakukan. Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok KS dan kelompok CGP dengan materi Harapan dan Kekhawatiran.

Presentasi Harapan dan Kekhawatiran
Hasil diskusi dipresentasikan di forum besar terkait harapan dan kekhawatiran. Dimulai dari hasil diskusi para KS dan dilanjutkan hasil diskusi para CGP. Hasil diskusi ini kemudian dielaborasi bersama dengan bimbingan PP untuk menemukan solusi bersama. Harapannya dengan adanya penyampaian harapan dan kekhawatiran ini bisa saling memahami antara KS dan CGP sehingga ke depan pelaksanaan PGP berjalan dengan baik dan saling mendukung agar berjalan lancar dan sesuai tujuan.

Perjalanan Calon Guru Penggerak

Perjalanan Calon Guru Penggerak
Diskusi lanjutan dilaksanakan di masing-masing kelompok CGP. Dimana semua CGP berbagi pendapat dan pandangan tentang hal apa saja yang harus dipersiapkan oleh CGP, dukungan dan bantuan yang diperlukan serta pihak-pihak yang terlibat. Hasilnya kembali dipresentasikan di forum besar dan ditanggapi oleh KS disesuaikan pula dengan hasil diskusi KS.

Refleksi Bersama
Kegiatan diakhiri dengan komitmen dan refleksi bersama seluruh CGP dan KS. Kegiatan akhir ini menjadi puncak Lokakarya 0. Dimana semua CGP dan KS didampingi PP saling berkomitmen untuk saling mendukung pelaksanaan PGP. 


Related

newsticker 789524850449018373

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

My Channel

Trending

item