Diary Calon Guru Penggerak #1

Perjalanan panjang mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 3 dimulai hari ini, Jumat, 6 Agustus 2021. Sebuah awal setelah mengikuti rangkaian seleksi yang cukup panjang. Seleksi Tahap 1 dimulai dari registrasi pendaftaran (pengisian CV, esai dan unggah dokumen)dan Tes Bakat Skolastik (TBS). Dilanjutkan Seleksi Tahap 2 Simulasi Mengajar dan Wawancara.

Lokakarya 0 (Lokakarya Perdana)

Kegiatan awal yang dilakukan setelah dinyatakan lolos sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) adalah mengikuti kegiatan Lokakarya 0 (Lokakarya Perdana). Kegiatan yang sejatinya dilaksanakan secara luring (tatap muka) ini harus diubah pelaksanaannya menjadi kegiatan daring (pertemuan virtual) pada Jumat-Sabtu, 6-7 Agustus 2021.

Paparan Program Guru Penggerak

Agenda Lokakarya 0 yang dilaksanakan pada Jumat, 7 Agustus 2021 dilaksanakan secara pleno melalui zoom meeting dilanjutkan secara terpumpun di google meet berkelompok CGP dan Pengajar Praktik (PP). Kegiatan dibuka dengan Sambutan dan Paparan tentang Program PGP oleh Pejabat PPPPTK Matematika yang disampaikan Ketua Pokja TIK Pembelajaran PPPPTK Matematika Dr. Adi Wijaya, M.A. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan papara tentang program PGP yang akan dilaksanakan oleh para CGP, PP dan Fasilitator selama 9 bulan ke depan.

Tangkapan Layar Pleno Lokakarya 0

Acara dilanjutkan tentang penyampaian Kebijakan Dinas Pendidikan Kab Sleman, Drs. Ery Widaryana, M.M., dalam mendukung Program PGP. Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan sangat mendukung pelaksanaan PGP dan berharap mampu melahirkan pemimpin pembelajaran yang berpihak pada peserta didik dalam Program Merdeka Belajar. Pak Ery berpesan untuk perbaikan kualitas pembelajaran masa pandemi tahun kedua agar jauh lebih siap dibandingkan di awal masa pandemi.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Sleman
Kebijakan Dinas Provinsi dalam mendukung Program PGP diwakili oleh Kepala Balai Dikmen Kabupaten Sleman Drs. Priyo Santosa, M.M. Apresiasi dan dukungan diberikan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY untuk kesuksesan PGP.
Kebijakan Dinas Dikpora DIY

Orinetasi Komprehensif Materi dan Ekosistem Belajar PGP

Ibu Andri Noviati Fheasta
Alhamdulillah, saya berkesempatan masuk di kelompok H (kelompok 8) CGP Sleman. Selama 9 bulan ke depan Ibu Andri Noviati Fheasta dari SDN Klodangan, Berbah, Sleman. Dalam kelompok ini saya akan belajar bersama guru-guru hebat, yaitu:

  • Ibu Weda Arum Winarni (SD Muh Prambanan)
  • Ibu Pipit Anisha Ageska (SD Kranggan)
  • Ibu Rini Widiastuti (SD Muh Karangharjo)
  • Ibu Riska Gantari (SDN Kenaran 2)
  • Ibu Alfira Luluk Andhini (TK Perintis)
Dalam sesi terpumpun kelompok di google meet, CGP, PP dan Kepala Sekolah secara berkelompok berdiskusi bersama terkait Agenda dan Tujuan Lokakarya, Games Perkenalan Diri dan penyusunan Kesepakatan Kelas.

Diskusi Terpumpun CGP-PP-KS


Related

newsticker 4272367950520640973

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

My Channel

Trending

item