Cerita PJJ (Bagian 2): Pendidikan Kecakapan Hidup Selama Pandemi

 


Menarik belajar dari kisah pembelajaran Ibu Ari Ganti Arti, Guru Prakarya di SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman. Pembelajaran yang hampir lebih dari setengahnya adalah pembelajaran praktik harus dilaksanakan secara jarak jauh. Sungguh pengalaman yang harus membutuhkan sikap adaptif dalam belajar dan membelajarkan.

Dengan adanya kesempatan fleksibelitas kurikulum, pembelajaran prakarya lebih diarahkan pada pendidikan kecakapan hidup. Kondisi pandemi covid-19 mengharuskan siswa belajar dari rumah sehingga sebagian besar waktunya di rumah. Hal ini menjadi kesempatan untuk membelajarkan siswa untuk survive  dalam kehidupan.

Salah satu bentuk pembelajaran prakarya yang dilakukan adalah keterampilan membuat olahan makanan bersama orangtua. Selain mengajarkan siswa belajar, kegiatan belajar ini juga mampu memberikan kedekatan dan chemistry antara anak dan orangtua.





Produk karya siswa dikirimkan kepada guru melalui WhatsApp untuk dinilai. Respon orangtua cukup baik untuk pembelajaran ini. Didukung dengan bantuan dan kerjasama orangtua dalam menyelesaikan produk makanan yang dibuat. Belajar nyaman, Belajar senang.

Related

newsticker 3738235696154001318

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item