Catatan PJJ (Bagian 3): Belajar Daring dan Webinar

 



Guru yang belajar adalah guru yang siap mengajar. Adagium ini penting untuk memotivasi guru terus belajar, meningkatkan kompetensi (baik difasilitasi negara maupun berjuang dengan kemandirian). Salah satu kesempatan yang terbuka selama pandemi ini adalah mengikuti berbagai webinar maupun diklat online.

Kesempatan belajar bersama penulis manfaatkan untuk menimba ilmu bersama HIPPER Indonesia, sebuah komunitas enrichment bagi guru-guru berkebutuhan "khusus". Beragam aktivitas pengembangan potensi guru lahir dan berkembang baik disini: diskusi, belajar bersama, dan pengembangan softskill lain.

Webinar atau sawala (menurut KBBI) sangat banyak tersedia, mulai dari yang gratis hingga berbayar, mulai bersertifikat hingga tanpa sertifikat. Berbagai topik pun banyak tinggal dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, semua bergantung ketersediaan akses internet, kuota, dan listrik.

Akhirnya, memilih belajar atau memilih diam dalam zona nyaman kembali kepada diri masing-masing. Guru harus berani melawan zona nyaman untuk memberikan keteladanan siswa tentang pentingnya belajar dan terus belajar, meskipun sudah menjadi "guru" sekalipun.


Related

newsticker 4503397692557167014

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item