Adaptasi Kebiasaan Belajar Baru

Kegiatan belajar mengajar selama pandemi covid-19 dijalankan dari rumah, dikenal dengan istilah belajar dari rumah (BDR) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam melaksanaan kegiatan BDR ini, guru dan sekolah dituntut memberikan pelayanan pembelajaran secara daring maupun luring, bergantung situasi dan kondisi sekolah. Analisis kebutuhan diperlukan dalam menentukan metode pembelajaran yang diterapkan, misalnya: ketersediaan gawai, lokasi tinggal peserta didik dan keterjangkauan kases internet.

Kelas Maya Menggunakan Youtube

Salah satu alternatif media yang dapat digunakan untuk BDR adalah Youtube. Sebagai kanal berbagi video yang gratis dan cukup dikenal, Youtube memungkinkan dan mampu memfasilitasi pembelajaran berbasis video, baik secara langsung menggunakan live streaming maupun tapping (rekaman). Keunggulan lain adalah penyimpanan video yang masih dapat diakses di waktu berbeda.

Penggunaan Youtube ini juga memungkinkan penghematan kuota internet dengan cara mengatur resolusi video yang ditonton. Dengan demikian jumlah kuota yang disedot bisa dihemat. Penggunaan Youtube ini juga memungkinkan interaksi melalui live chat ketika ditayangkan secara live streaming ataupun premiere. Ini akan menjadi menarik ketika interaksi terjalan dua arah sehingga proses pembelajaran bisa berlangsung, tentunya dengan berbagai keterbatasan yang jauh berbeda dibandingkan bertemu tatap muka.

Mengikuti arus, penulis berusaha ikut mengisi konten di Youtube. Berawal dari live streaming berbagi webinar, diskusi online, dan beberapa video pembelajaran IPA SMP sesuai mata pelajaran yang diampu. Kebiasaan bercerita membuat penulis senang membuat konten story telling atau motivasi.

Boleh disimak di akun Youtube http://gg.gg/arygunawan
Semoga bermanfaat. 


Related

Inspirasi 981689090132347666

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item