Catatan PJJ (Bagian 7): Teknologi Ramah Lingkungan dan Proyek Teknologi Masa Depan

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) harus didesain menyenangkan dan memotivasi peserta didik untuk terus bersemangat belajar. Materi-materi pengetahuan yang implementatif dalam keseharian (kontekstual) memiliki daya dukung untuk menjadikan pembelajaran lebih bermakna (meaningfull). Teknologi informasi dapat digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyampaikan dan menggali materi.

Pembelajaran IPA yang dilaksanakan di PJJ kali ini mengangkat topik Teknologi Ramah Lingkungan dan Proyek Teknologi Masa Depan. Materi dikemas blended learning memadukan Modul sebagai pemandu belajar dan Moda Daring untuk pengumpulan hasil karya dan feedback dari guru. Pembelajaran tetap dilaksanakan dua arah (two way communication) agar interaksi pembelajaran tetap berlangsung dinamis.

Materi Teknologi Ramah Lingkungan merupakan materi informatif dan tersedia banyak sumber belajar pendukung baik buku maupun internet. Untuk itu, penulis memaksimalkan potensi belajar peserta didik dengan aktivitas belajar membuat mind mapping atau peta konsep materi. Dengan membuat mind mapping, peserta didik dilatih literasi melalui membaca dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Keterampilan kreatif peserta didik diarahkan melalui proses kreatif membuat desain mind mapping sesuai keinginan masing-masing.

Dalam pembuatan mind mapping, peserta didik diberikan kebebasan media yang digunakan. Peserta didik diperbolehkan menggunakan aplikasi di gawai masing-masing maupun membuat secara manual di buku gambar atau buku kerja. Melalui mind mapping yang dihasilkan, peserta didik bisa mendapatkan gambaran umum materi yang dipelajari dan lebih mudah dalam hal memahami konten esensial.


Di atas merupakan contoh karya siswa yang dibuat menggunakan aplikasi Canva yang tersedia gratis. Perpaduan warna dan gambar pendukung juga memberikan penekanan dan stimulus pembelajaran. Peserta didik sudah terbiasa dengan gawai sehingga produk yang dihasilkan lebih menarik. Beberapa peserta didik membuat mind mapping atau rangkuman dengan menggambar secara manual.
Materi Proyek Teknologi Masa Depan kali ini didesain lebih santai dengan mengarahkan peserta didik berimajinasi dan mendesain produk teknologi masa depan. Pembelajaran ini bertujuan membangun harapan dari gagasan unik yang dimiliki oleh peserta didik. Bukan tidak mungkin, ide tersebut akan mampu diwujudkan di masa depan.
Berikut ini contoh ide Proyek Teknologi Masa Depan karya peserta didik.







Related

newsticker 1472896414217576482

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item