Catatan PJJ (Bagian 6): Redesain Ujian Praktik dari Rumah

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih dilaksanakan hingga saat ini. Menindaklanjuti program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat secara Mikro (PPKM Mikro) yang masih dijalankan oleh pemerintah, praktis kegiatan tatap muka (ataupun tatap muka terbatas) jelas tidak bisa dilaksanakan. Kegiatan pembelajaran secara daring mutlak diberlakukan.

Kelas tingka akhir di suatu sekolah menuntut adanya kegiatan penilaian praktik sebagai salah satu penilaian yang digunakan untuk menentukan kelulusan studi. Menurut Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021, salah satu bentuk penilaian yang dapat digunakan adalah portofolio selain tes tertulis. Hal ini menjadi wewenang kebijakan sekolah untuk mengatur dengan penyesuaian kondisi pembelajaran masing-masing.

Salah satu kegiatan akhir tahun pelajaran yang dilakukan adalah ujian akhir, salah satunya ujian praktik. Penulis mencoba tetap melaksanakan ujian praktik dengan menyesuaikan kondisi peserta didik. Kegiatan praktik dilakukan di rumah masing-masing dengan menggunakan penilaian diri, penilaian produk dan kinerja. Peserta didik diberikan kesempatan menyelesaikan tugas praktik dalam jangka waktu tertentu (lebih fleksibel) dan diberikan keleluasaan menentukan praktik apa yang dilaksanakan maupun media yang digunakan.

Peserta didik mendokumentasikan aktivitas praktik melalui foto, laporan tertulis dan video. Langkah-langkah kegiatan tercatat dan terdokumentasi dan dikumpulkan melalui kantung tugas (link) yang disediakan. Penilaian yang dilakukan meliputi perencanaan, proses dan produk. Harapannya dengan ragam penilaian dan variabel yang dinilai mencakup semua aktivitas belajar peserta didik.

Dokumen: Hasnaa (9 Sjuja')

Dokumen: Hasnaa (9 Sjuja')

Dalam kegiatan praktik di rumah, peserta didik bisa berdiskusi dengan orangtua (bahkan bisa berkolaborasi bersama). Selain itu kemudahan akses dalam mencari informasi memudahkan peserta didik menyelesaikan tugas. Kreativitas peserta didik dalam melaporkan hasil pekerjaannya juga menarik, jauh di luar ekspektasi yang dipikirkan.

Dokumen: Reviola (9 Tamimuddari)

Anak-anak zaman harus dididik sesuai dengan zamannya. Memberi kebebasan berkreasi memberikan kesempatan bagi mereka untuk memberikan kreativitas terbaik. Ini pengalaman, bukan tulisan akademis, semoga menginspirasi, setidaknya menjadi dokumentasi pribadi penulis.

Dokumen: Anisa Setya (9 Fachroddin)

Related

newsticker 6949852126325400856

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

item